Fitur- Fitur Yang Ada Pada Microsoft Powerpoint

Fitur- Fitur Yang Ada Pada Microsoft Powerpoint

Fitur- fitur Yang Ada Pada Microsoft Powerpoint – PowerPoint adalah program yang sangat inovatif dan serbaguna yang dapat memastikan Anda komunikasi yang sukses apakah Anda menyajikan di depan calon investor, teater kuliah atau hanya di depan rekan-rekan Anda. Di bawah ini adalah fitur- fitur yang harus Anda gunakan, jika Anda belum melakukannya silahkan pelajari segala sesuatu tentang tips ini.

Fitur- fitur Microsoft Powerpoint

fitur- fitur ini dapat meningkatkan keterampilan presentasi Anda dan memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan pesan Anda dengan sukses.

1. Menambahkan Smart Art

Jangan bingung SmartArt dengan WordArt yang sama bernama. Di mana WordArt hanya memungkinkan Anda untuk menampilkan teks menggunakan berbagai format dan efek yang berbeda, SmartArt adalah alat diagram bisnis yang komprehensif dan fleksibel yang sangat meningkatkan fitur ‘Galeri Diagram’ yang ditemukan di versi Office sebelumnya. Klik sisipkan SmartChart Graphic untuk memilih dari pilihan opsi.

SmartArt dapat digunakan untuk membuat diagram profesional yang mencakup gambar dan teks atau kombinasi keduanya. Penggunaan SmartArt yang jelas adalah membuat bagan organisasi tetapi dapat digunakan untuk berbagai jenis diagram dan bahkan untuk memberikan beberapa variasi ke slide menggunakan poin teks.

2. Menyisipkan Bentuk

Jika Anda perlu menyertakan semacam diagram dalam presentasi Anda, maka cara tercepat dan termudah mungkin menggunakan SmartArt. Namun, penting untuk dapat memasukkan bentuk secara independen dari SmartArt dan layak untuk menjadi akrab dengan berbagai opsi format Alat Gambar.

Mereka tidak hanya akan berguna jika Anda perlu menggambar diagram secara manual (dan SmartArt tidak sesuai dengan semua diagram), tetapi mereka juga dapat diterapkan pada objek pada slide yang mungkin tidak segera Anda anggap sebagai bentuk. Misalnya kotak yang berisi judul slide atau konten Anda. Ini bisa berupa apa saja mulai dari teks ke video, atau bahkan bentuk individual dalam diagram SmartArt.

Seperti yang Anda lihat, galeri bentuk yang tersedia sangat luas. Setelah Anda memilih bentuk yang Anda pilih, Anda cukup mengklik slide Anda untuk menyisipkan versi default dari bentuk atau, untuk mengatur ukuran dan posisi tertentu, klik dan seret dengan mouse untuk membuat bentuk dan ukuran yang Anda inginkan. 

3. Menyisipkan Gambar

Berikut adalah dua ikon tipe konten yang muncul di placeholder konten baru untuk menyisipkan gambar. Anda dapat Menyisipkan Gambar dari File atau Menyisipkan Clip Art. Atau, grup Ilustrasi tab Sisipkan pita menyertakan dua alat yang sama. Selain itu, PowerPoint 2010 memiliki opsi ‘Screenshot’ baru yang memungkinkan Anda untuk menangkap seluruh jendela atau bagian dari jendela untuk dimasukkan pada slide. Anda juga dapat menyalin gambar apa pun dan hanya menempelkannya langsung ke slide.

Sisipkan Gambar dari File memungkinkan Anda untuk menelusuri ke file gambar yang disimpan di suatu tempat di sistem Anda sedangkan Clip Art disimpan di galeri yang diindeks dari berbagai jenis media. Clip Art tidak terbatas pada gambar yang memungkinkan Anda memilih antara: ‘Semua jenis file media’ dan satu atau lebih dari berbagai jenis berikut: Ilustrasi, Foto, Video maupun Audio.

Setelah Anda menemukan gambar yang ingin Anda gunakan, klik di atasnya untuk memasukkannya ke dalam slide saat ini. Anda sekarang dapat mengukur ulang dan memindahkan gambar sesuai dengan opsi pengeditan lebih lanjut yang tersedia saat Anda mengklik kanan gambar yang diinginkan.
Menggunakan video dalam presentasi Anda dapat membantu menarik perhatian audiens dan meningkatkan retensi pesan.

4. Transisi Slide

Digunakan dengan benar, transisi slide dapat membuat presentasi Anda lebih jelas dan lebih menarik dan, jika sesuai, lebih menyenangkan. Buruk digunakan, efek transisi slide bisa lebih dekat dengan menjengkelkan atau bahkan memuakkan. Efek animasi sederhana sering digunakan untuk menambah minat pada teks poin-poin. Efek animasi yang jauh lebih ekstrim tersedia tetapi, dalam banyak kasus, harus digunakan dengan hemat jika sama sekali.
Dua jenis animasi utama tersedia dalam presentasi PowerPoint: transisi dari satu slide ke slide berikutnya dan animasi gambar / teks pada slide tertentu.

Di PowerPoint 2010 & 2013 ada juga tab pita Transisi terpisah yang mencakup galeri efek transisi yang berbeda. Ini dapat diterapkan pada slide yang dipilih atau semua slide. Jika Anda ingin menerapkan efek transisi yang berbeda ke grup slide yang berbeda, maka Anda mungkin ingin memilih tampilan ‘Penyortir Slide’ dari grup Tampilan Presentasi pita Tampilan.

Dapatkan total lebih dari 90.000 desain slide yang didalamnya terdapat 1.300+ template yang disusun dalam 10 module yang siap untuk membantu Anda membuat sebuah presentasi tampil lebih profesional dari sebelumnya. Download Levidio Presentation.

5. Menambahkan Animasi

Sedangkan efek transisi terbatas pada satu peristiwa per slide, animasi dapat diterapkan pada setiap objek pada slide – termasuk judul dan kotak teks lainnya. Banyak objek bahkan dapat memiliki animasi yang diterapkan pada komponen yang berbeda, misalnya setiap bentuk dalam grafik SmartArt, setiap paragraf dalam kotak teks dan setiap kolom dalam bagan. Animasi dapat diterapkan pada tiga ‘peristiwa’ terpisah untuk setiap objek:

  • Pintu masuk – bagaimana objek tiba di slide
  • Penekanan – efek untuk memusatkan perhatian pada suatu objek saat terlihat
  • Keluar – bagaimana objek menghilang dari slide

Untuk menerapkan efek animasi, pilih objek atau objek yang akan dianimasikan, lalu pilih Gaya Animasi atau Tambahkan Animasi dari toolbar Animasi.

Di mana animasi diterapkan pada objek dengan komponen yang berbeda (misalnya grafik SmartArt yang terdiri dari beberapa kotak), alat Opsi Efek tersedia untuk mengontrol bagaimana setiap komponen akan dianimasikan. Jadi misalnya, animasi Anda dapat digunakan untuk memperkenalkan elemen bagan organisasi ke slide Anda satu per satu.

Levidio Animatoon didesain khusus oleh para praktisi bisnis online dalam membuat video animasi dengan mudah dan cepat yang ingin mendominasi market dengan menggunakan video. Download Levidio Animatoon.

Levidio sudah dipercaya oleh lebih dari 17.000+ Entrepreneur dan Internet Marketer dari seluruh dunia untuk pembuatan video maupun grafis dengan cepat dan mudan menggunakan powerpoint saja dan sudah terjual lebih dari 32.000+ di semua versinya.

Dengan mengajukan pertanyaan kepada pengguna tentang peran, aspirasi, dan kemahiran mereka, algoritma pembelajaran levidio mampu menentukan kesenjangan keterampilan dan menyaring materi yang tidak dibutuhkan atau sudah diketahui pengguna. Ini meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk pelatihan, memaksimalkan dampak pembelajaran dan meningkatkan produktivitas.

Itulah artikel tentang fitur- fitur yang ada pada Microsoft Powerpoint yang perlu Anda ketahui untuk membuat presentasi maupun video dalam mengembangkan bisnis. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *